Sabtu, 17 Desember 2011

kuis manajemen


Quiz : Bab - 1
1.         Jelaskan pengertian ‘manajemen’ sebagai suatu bidang ilmu, seni, proses dan profesi dalam mengelola suatu organisasi perusahaan ?!
2.         Dalam ‘Manajemen’ dikenal adanya prinsip ‘Efisiensi’ dan ‘Efektifitas’ Jelaskan mengenai hal tersebut !
3.         Uraikan hal-hal yang berkaitan dengan ‘fungsi’ manajemen !
4.         Jelaskan beberapa ‘peran’ (roles) dan ‘keahlian’ (skills) yang harus dimiliki oleh seorang manajer.
5.         Jelaskan alasan anda mengapa kita perlu mempelajari ilmu manajemen?!

JAWABAN

1.      Manajemen Sebagai Ilmu (1)
Luther Gullick mendefinisikan manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini bermanfaat bagi kemanusiaan,
Manajemen memerlukan disiplin ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya misal ilmu ekonomi, statistik, akuntansi dan sebagainya.

Manajemen Sbg Seni (2)
Management is the art of securing maximum result with minimum of efforts as to secure maximum prosperity and happiness for both employer and employee and give the public the best possible services.
Pengertian Manajemen (3)
Manajemen Sebagai Proses Kegiatan
Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, controlling, utilizing in each both science and art and follow in order to accomplish predetermined objectives.
Management adalah proses yang khas terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dimana dalam masing2 bidang tersebut digunakan ilmu pengetahuan & keahlian yang diikuti secara berurutan dalam usaha mencapai sasaran & tujuan yang telah ditetapkan.
Manajemen sebagai Profesi (4)
Manajemen sebagai Profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader, pemimpin atau ‘manajer’ pada suatu organisasi / perusahaan tertentu.
Profesi ‘manajer’ merupakan sebuah profesi atau jabatan spesifik dan ‘prestigious’ sebagai ‘decision maker’ yang dapat menentukan berkembangnya suatu organisasi / perusahaan dimasa mendatang.


2.      MANAJEMEN adalah proses pengkoordinasian berbagai aktifitas pekerjaan dan pengalokasian sumber daya 6M, melalui bantuan dan kerjasama dengan orang lain sehingga pekerjaan tersebut dapat terselesaikan secara efisien dan efektif.
EFISIEN adalah memperoleh output terbesar dengan input yang terkecil, digambarkan sebagai “melakukan segala sesuatu secara benar / doing things right”
EFEKTIF adalah menyelesaikan kegiatan-kegiatan sehingga sasaran organisasi dapat tercapai, digambarkan sebagai melakukan sesuatu yang benar / doing the right things”

3.      FUNGSI DAN PROSES
MANAJEMEN
Fungsi Manajemen
Menurut Stephen P Robbin (1993) fungsi manajemen antara lain meliputi aktifitas merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin (leading) dan mengendalikan (controlling) aktifitas bisnis dari suatu organisasi / perusahaan.
Planning Organizing Leading Controlling

PROSES MANAJEMEN
PROSES MANAJEMEN yaitu serangkaian keputusan dan kegiatan kerja yang sedang terjadi yang dialami oleh para manajer sewaktu mereka merencanakan, mengorganisasi, memimpin dan mengendalikan.

4.      PERAN (ROLES) MANAJEMEN
INTERPERSONAL ROLES adalah Peran manajerial yang melibatkan hubungan dengan pihak lain dan tugas yang bersifat seremonial atau simbolis.
INFORMATIONAL ROLES adalah peran manajerial yang meliputi menerima, mengumpulkan, dan menyebarkan informasi kepada seluruh anggota organisasi..
DECISIONAL ROLES adalah peran manajerial yang berkisar seputar membuat pilihan dalam pemngambilan keputusan terhadap suatu permasalahan.

KEAHLIAN (SKILL) MANAJEMEN
TECHNICAL SKILL adalah pengetahuan dan kemahiran dibidang spesialisasi tertentu.
HUMAN SKILL adalah kemampuan bekerja secara baik dengan orang lain secara individual atau dalam kelompok
CONCEPTUAL SKILL adalah kemampuan berfikir dan konseptualisasi tentang situasi yang abstrak dan rumit


5.      Kenyataan bahwa manajemen dibutuhkan pada segala jenis dan ukuran organisasi, pada semua tingkat organisasi, pada semua bidang organisasi dan pada organisasi di semua negara diseluruh dunia




1 komentar:

  1. M life essentials - Casino - Dr.MCD
    Get information 전주 출장샵 on 계룡 출장샵 the best M life essentials products 동두천 출장샵 at Dr.MCD, including pricing, customer 나주 출장샵 service, games, accessories, and more. Rating: 3 · 광양 출장안마 ‎5 reviews

    BalasHapus